Bahasa Pemrograman. . .

Seberapa banyak Anda tahu tentang bahasa pemrograman?

Di dunia IT sekarang ini, terdapat banyak bahasa pemrograman yang sudah lama terbit maupun yang baru terbit pada abad 20. Setiap bahasa pemrograman terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing, serta terdapat beberapa varian bahasa pemrograman yang anda inginkan untuk membuat suatu program tertentu, inilah sedikit cuplikan tentang bahasa pemrograman.

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu set aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

1. Bahasa pemrograman

Komputer adalah mesin yang dapat melaksanakan seperangkat perintah dasar (instruction set). Komputer hanya dapat diberi perintah yang terdiri dari perintah-perintah dasar tersebut. Perintah-perintah yang lebih rumit (misalnya mengurutkan suatu daftar sesuai abjad) harus diterjemahkan menjadi serangkaian perintah-perintah dasar yang dapat dimengerti komputer (perintah-perintah yang termasuk dalam instruction set komputer tersebut) yang pada akhirnya dapat mennyelesaikan tugas yang diinginkan, meskipun dijalankan dengan beberapa operasi dasar, bukan satu operasi rumit.

Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dapat diterjemahkan menjadi kumpulan perintah-perintah dasar tersebut. Penerjemahan dilakukan oleh program komputer yang disebut kompilator (compiler). Setiap bahasa pemrograman mempunyai kompilatornya sendiri. Contohnya, kompilator C++ tidak akan mengerti program yang ditulis dengan bahasa Java. Sintaks dari bahasa pemrograman lebih mudah dipahami oleh manusia daripada sintaks perintah dasar. Namun tentu saja komputer hanya dapat melaksanakan perintah dasar itu. Maka di sinilah peran penting kompilator sebagai perantara antara bahasa pemrograman dengan perintah dasar.

Kegiatan membuat program komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman disebut pemrograman komputer. Contoh bahasa pemrogaman adalah bahasa FORTRAN, COBOL, BASIC, JAVA, dan C++.

A. Bahasa Pemograman Ada

Bahasa pemrograman Ada, adalah sebuah bahasa pemrograman prosedural yang didesain di bawah arahan Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada akhir tahun 1970-an dan awalnya ditujukan sebagai bahasa utama dalam membangun perangkat lunak Departemen Pertahanan. Nama Ada sendiri diambil dari Augusta Ada Byron, seorang istri bangsawan (countess) Lovelace yang dianggap sebagai seorang pemrogram komputer (programmer) yang pertama. Bahasa ini diturunkan dari bahasa Pascal tapi memiliki beberapa tambahan semantik dan sintaksis, seperti halnya eksekusi tugas secara serentak, operator overloading, dan juga module.

B. Bahasa Pemograman Assembly / Assembler

Bahasa rakitan (bahasa Inggris: assembly language) adalah bahasa pemrograman komputer tingkat rendah. Bahasa rakitan merupakan notasi untuk bahasa mesin yang dapat dibaca oleh manusia dan berbeda-beda tergantung dari arsitektur komputer yang digunakan. Bahasa mesin adalah pola bit-bit (serangkaian nomor-nomor biner) tertentu yang merupakan kode operasi mesin. Bahasa mesin dibuat lebih mudah dibaca dan ditulis dengan cara mengganti pola bit-bit menjadi julukan-julukan yang disebut mnemonics.

Berbeda dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi, bahasa rakitan biasanya memiliki hubungan 1-1 dengan instruksi bahasa mesin. Misalnya, tiap julukan (mnemonic) yang ditulis di program dengan bahasa rakitan akan diterjemahkan menjadi tepat satu kode operasi yang dapat dimengerti langsung oleh komputer. Pada bahasa tingkat tinggi, satu perintah dapat diterjemahkan menjadi beberapa kode operasi dalam bahasa mesin. Proses pengubahan bahasa rakitan ke bahasa mesin dilakukan oleh assembler, dan proses balikannya dilakukan oleh disassembler.

Setiap arsitektur komputer memiliki bahasa mesin yang berbeda-beda sehingga bahasa rakitannya pun berbeda-beda.

Berikut merupakan contoh bahasa rakitan :
mov al, 0x61

yang berarti pindahkan (mov = move) nilai heksadesimal 61 (= 97 dalam desimal) ke register prosesor bernama “al”. Adalah lebih mudah mengingat ini dari bahasa mesin:

C. Bahasa Pemograman ASP

ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk tekhnologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP diproses melalui web server dan hasil proses ini menghasilkan HTML yang akan dikirimkan melalui browser. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting. Berbeda dengan VBScript yang bekerja pada client atau disebut juga client side scripting. Meskipun demikian ASP mengunakan VBScript sebagai bahasa dasar Google untuk pemogramannya.

ASP sangat mudah dipelajari. Yang diperlukan hanyalah mengenal HTML dan VBScript. Dengan ASP anda bisa membangun aplikasi web yang dinamis. ASP juga dikenal sangat populer bersaing dengan PHP serta yang web language yang lainnya seperti Java Servlet, Cold Fusion, dll. ASP semakin dikenal luas tepatnya sejak maret 1997. ASP semakin populer karena mudah untuk dipelajari. Pengembangan dari ASP adalah ASP.NET yang biasanya menggunakan ekstensi .aspx.

D. Bahasa Pemograman BASIC

BASIC, adalah singkatan dari Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code adalah sebuah kelompok bahasa pemrograman tingkat tinggi. Secara harfiah, BASIC memiliki arti “kode instruksi simbolis semua tujuan yang dapat digunakan oleh para pemula”. Memang, istilah “Bahasa BASIC” di sini juga bisa diartikan menjadi bahasa untuk pemula, atau dengan kata lain, disebut sebagai bahasa dasar, tapi hal tersebut dirasa kurang tepat, mengingat BASIC dapat juga digunakan oleh para pemrogram ahli.

BASIC pertama kali dikembangkan pada tahun 1963 oleh John George Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz yang berasal dari Dartmouth College, untuk mengizinkan akses terhadap komputer bagi para mahasiswa jurusan selain jurusan ilmu eksakta. Pada waktu itu, hampir semua komputer membutuhkan perangkat lunak, dan waktu itu belum ada perangkat lunak yang dijual secara bebas, sehingga hanya orang-orang tertentulah yang dapat menggunakan komputer, yakni para matematikawan dan ilmuwan, karena mereka dapat membangun perangkat lunak sendiri. Bahasa BASIC, setelah diciptakan menjadi menjamur dan banyak dimodifikasi. Bahasa BASIC menjadi bahasa yang paling populer digunakan pada komputer mikro pada akhir tahun 1970-an dan komputer rumahan pada tahun 1980-an. Dan hingga saat ini, menjadi bahasa yang dialeknya beberapa kali berevolusi.

E. Visual Basic

Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat event driven dan menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program aplikasi berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman Common Object Model (COM). Visual Basic merupakan turunan bahasa BASIC dan menawarkan pengembangan aplikasi komputer berbasis grafik dengan cepat, akses ke basis data menggunakan Data Access Objects (DAO), Remote Data Objects (RDO), atau ActiveX Data Object (ADO), serta menawarkan pembuatan kontrol ActiveX dan objek ActiveX. Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.

Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi eksternal tambahan.

Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Dalam sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005, 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java.

1. Sejarah

Bill Gates, pendiri Microsoft, memulai bisnis softwarenya dengan mengembangkan interpreter bahasa Basic untuk Altair 8800, untuk kemudian ia ubah agar dapat berjalan di atas IBM PC dengan sistem operasi DOS. Perkembangan berikutnya ialah diluncurkannya BASICA (basic-advanced) untuk DOS. Setelah BASICA, Microsoft meluncurkan Microsoft QuickBasic dan Microsoft Basic (dikenal juga sebagai Basic Compiler).

Sejarah BASIC di tangan Microsoft sebagai bahasa yang diinterpretasi (BASICA) dan juga bahasa yang dikompilasi (BASCOM) membuat Visual Basic diimplementasikan sebagai gabungan keduanya.

Programmer yang menggunakan Visual Basic bisa memilih kode terkompilasi atau kode yang harus diinterpretasi sebagai hasil executable dari kode VB. Sayangnya, meskipun sudah terkompilasi jadi bahasa mesin, DLL bernama MSVBVMxx.DLL tetap dibutuhkan. Namun karakteristik bahasa terkompilasi tetap muncul (ia lebih cepat dari kalau kita pakai mode terinterpretasi).

2. Pemrograman Berorientasi Objek (OOP)

Visual Basic merupakan bahasa yang mendukung OOP, namun tidak sepenuhnya. Beberapa karakteristik obyek tidak dapat dilakukan pada Visual Basic, seperti Inheritance tidak dapat dilakukan pada class module. Polymorphism secara terbatas bisa dilakukan dengan mendeklarasikan class module yang memiliki Interface tertentu. Visual Basic (VB) tidak bersifat case sensitif.

3. Desain Visual dan Komponen

Visual Basic menjadi populer karena kemudahan desain form secara visual dan adanya kemampuan untuk menggunakan komponen-komponen ActiveX yang dibuat oleh pihak lain. Namun komponen ActiveX memiliki masalahnya tersendiri yang dikenal sebagai DLL hell. Pada Visual Basic .NET, Microsoft mencoba mengatasi masalah DLL hell dengan mengubah cara penggunaan komponen (menjadi independen terhadap registry).

F. Visual Basic for Applications

Microsoft Visual Basic for Applications (VBA) adalah sebuah turunan bahasa pemrograman Visual Basic yang dikembangkan oleh Microsoft dan dirilis pada tahun 1993, yang ditujukan untuk aplikasi-aplikasi tertentu. VBA didesain untuk melakukan beberapa tugas, seperti halnya mengkustomisasi sebuah aplikasi laiknya Microsoft Office atau Microsoft Visual Studio. Versi VBA terbaru saat ini adalah versi 6.3 yang dirilis pada tahun 2001, yang mendukung semua program dalam Microsoft Office, yakni Microsoft Excel, Microsoft Access, Microsoft Word, Microsoft Outlook, Microsoft FrontPage, serta Microsoft PowerPoint dan juga Microsoft Visual Studio.

G. VB Script

VBScript atau lengkapnya Visual Basic Scripting Edition adalah sebuah bahasa skrip yang diinterpretasikan saat dieksekusi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation pada tahun 1996 yang seringnya digunakan dalam penjelajah web Internet Explorer (dapat digunakan mulai versi Internet Explorer 3.0). VBScript merupakan sebuah bahasa skrip turunan dari bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA) yang digunakan di dalam Microsoft Office dan beberapa platform pengembangan buatan Microsoft lainnya. VBScript menghilangkan beberapa fungsi dari VBA, seperti halnya fungsi I/O berkas dan akses langsung terhadap sistem operasi untuk menyediakan sebuah platform yang aman untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dengan menggunakan platform Active Server Pages (ASP). Internet Explorer merupakan penjelajah web pertama yang menyediakan dukungan terhadap kode skrip yang ditulis dalam bahasa VBScript. VBScript dapat dijalankan di atas Windows 9x/ME, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008 serta beberapa platform UNIX.

VBScript tidak dapat digunakan untuk membuat program yang berdiri sendiri. Akan tetapi, VBScript harus dimasukkan ke dalam sebuah berkas HTML. Ketika Internet Explorer membuka dokumen berkas HTML tersebut, VBScript dapat melakukan fungsi yang sama seperti JavaScript–skrip tersebut akan dieksekusi. VBScript juga dapat digunakan untuk membuat sebuah alikasi HTML (yang memiliki ekstensi .HTA) yang membutuhakan paling tidak Internet Explorer 5 atau yang lebih baru agar dapat berjalan. HTA tidak seara langsung menggunakan Internet Explorer, tetapi menggunakan sebuah program, yakni MSHTA.EXE, yang menginterpretasikan dan menjalankan kode.

Skrip VBScript yang dimasukkan di dalam berkas HTML harus dimasukkan di antara tag …. Berikut ini adalah contohnya (yang akan menampilkan sebuah dialog box berisi Hello World! ketika sebuah tombol diklik oleh pengguna):

Sub BtnHello_OnClick MsgBox “Hello World!”, 0, “Dokumen yang aktif” End Sub

Penjelajah Web lainnya seperti Firefox dan Opera tidak memiliki dukungan terhadap VBScript secara langsung. Hal ini berarti untuk kompatibilitas maksimum dengan browser lainnya, para pengembang web site pun menggunakan JavaScript.
Selain oleh penjelajah Web, VBScript juga dapat dieksekusi oleh aplikasi Windows Scripting Host (WSH). Umumnya, berkas VBScript yang dijalankan oleh WSH ini adalah berkas teks biasa dengan ekstensi .vbs dan dapat dieksekusi dengan menggunakan command-line maupun dengan desktop Windows. Windows memiliki dua buah program yang dapat menginterpretasikan berkas vbs yakni, cscript.exe dan wscript.exe.

H. Bahasa Pemograman COBOL

Cobol tidak sepopuler Java, PHP, atau VB. Padahal, industri yang membutuhkan masih ada. Mungkin jarang yang pernah mendengar bahasa pemrograman COBOL (Common Business Oriented Language), bahasa pemrograman yang pertamakali dibuat tahun 1959. Padahal, sampai saat ini masih banyak mesin, terutama komputer mainframe di perusahaan-perusahaan besar dari negara dunia ketiga yang menggunakan bahasa pemrograman Cobol untuk operasinya.

Dari laporan yang dilansir oleh InfoWorld, saat ini gaji programmer spesialis Cobol terus meningkat, karena kebutuhan industri atas programmer Cobol masih tetap tinggi. Apalagi persediaan programmer yang menspesialisasikan diri di bahasa pemrograman tersebut makin menipis. Para programmer tua yang berkutat di bidang tersebut sudah banyak yang memasuki usia pensiun.

William Conner, seorang senior manajer dari Deloitte, sebuah perusahaan konsultan IT asal New York, lulusan sekarang lebih banyak yang fokus ke bahasa pemrograman Java, XML, dan bahasa pemrograman modern lainnya. Padahal, pekerjaan programmer Cobol biasanya tidak di-outsource ke tempat lain. Alasannya karena negara seperti Cina atau India yang biasanya menjadi negara penyedia jasa outsource terbesar tidak memiliki spesialisasi di bidang ini. Negara-negara tersebut baru serius di bidang teknologi dalam dekade-dekade belakangan dan lebih akrab dengan bahasa pemrograman dan sistem generasi terbaru. Dari survey yang dilakukan Deloitte, sebanyak 60 persen responden yang masih menggunakan Cobol saat ini masih membuat aplikasi berbasis bahasa pemrograman tersebut.

Gabriel Rozman, Executive Vice President for Emerging Markets dari Tata Consultancy Services menyatakan bahwa banyak negara-negara latin masih menggunakan mainframe lawas, di mana keahlian di bidang Cobol masih sangat dibutuhkan.

Ironisnya, menurut William C Kees, seorang pensiunan yang telah 25 tahun menggeluti Cobol menyatakan bahwa bahasa pemrograman tersebut sangat mudah dipelajari. Keahliannya membuat program dengan Cobol ia dapat dengan belajar sendiri, tanpa pernah mengikuti kursus atau kelas khusus. Seorang pakar Cobol lainnya juga mengatakan, kode program Cobol lebih mudah dibaca dibanding .Net atau VisualBasic.

I. Bahasa Pemograman C

Bahasa pemrograman C (C Language). Bahasa pemrograman yang pertama kali dikembangkan oleh Denis Ritchie dan Brian Kerninghan di Bell Laboratories pada tahun 1972. Bahasa C dikenal efisien dan sangat portabel sehingga dapat digunakan di berbagai plattform. Pada pertengahan era 1980-an, Bjarne Stroustrup dari Bell Laboratories mengembangkan bahasa C++ dengan menambahkan kemampuan OOP. Salah satu perbedaan yang paling mendasar antara C++ dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

Versi Bahasa C

1. C K&R

Pada tahun 1978, Dennis Ritchie dan Brian Kernighan menerbitkan edisi pertama dari buku yang berjudul The C Programming Language. Buku ini hingga sekarang diakui sebagai kitab suci bahasa C dan merupakan referensi utama seorang pemrogram yang ingin mengetahui tentang bahasa C, terutama karena begitu lengkapnya cakupan buku ini tentang bahasa C dan mudahnya program yang dicontohkan dalam buku ini.

Versi bahasa C yang ditampilkan dalam buku ini kemudian dikenal dalam kalangan pemrogram sebagai C K&R. Pada buku The C Programming Language edisi kedua kemudian melingkupi ANSI C yang diperkenalkan belakangan.

2. ANSI C & ISO C

Pada perkembangannya, muncul versi-versi C lain yang pada akhirnya membuat kebingungan di kalangan pemrogram. Karena itu, pada tahun 1983, American National Standards Institute (ANSI) membuat sebuah komite untuk membuat sebuah versi standar dari bahasa C. Setelah melalui proses yang panjang dan sengit, pada tahun 1989, telah berhasil disahkan standar yang dinamakan ANSI X3.159-1989, versi ini seringkali dinamakan ANSI C, atau kadang-kadang C89.

Pada 1990, versi ANSI C diadopsi oleh Organization for Standardization (ISO) dengan sedikit perubahan dengan nama ISO/IEC 9899:1990. Versi ini seringkali dinamakan ISO C atau C90. Karena versi ANSI C dan ISO C hanya memiliki sedikit perbedaan, pemanggilan C90 dan C89 merujuk pada bahasa yang sama.

3. C99

Versi C99 dibuat oleh ISO C pada tahun 1999. Versi ini dimaksudkan terutama untuk memperbanyak dukungan kepada pemrograman berorientasi objek, terutama setelah C++, yang dibuat berdasarkan bahasa ini mendapat tempat yang istimewa di kalangan pemrogram.

J. C++

C++ adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1980-an oleh Bell Labs (Bjarne Stroustrup) sebagai pengembangan dari Bahasa pemrograman C. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

Program C++ pertama

Contoh program sederhana C++ untuk hello world dengan menggunakan Pustaka Dasar C++ dapat dilihat di bawah ini:

#include // provides std::cout

int main()
{
std::cout << “Hello, world!\n”;
return 0;
}

Kata yang dicadangkan Kelompok Pertama

C++ mempunyai 32 buah kata yang dicadangkan (reserved words). Kata kunci kelompok pertama merupakan turunan dari bahasa C, di antaranya :

auto const double float int short struct unsigned
break continue else for long signed switch void
case default enum goto register sizeof typedef volatile
char do extern if return static union while

Kelompok kedua
Kata yang dicadangkan kelompok kedua berjumlah 30. Kata-kata ini adalah baru dan hanya ada di bahasa C++.

asm dynamic_cast namespace reinterpret_cast try
bool explicit new static_cast typeid
catch false operator template typename
class friend private this using
const_cast inline public throw virtual
delete mutable protected true wchar_t

Kata-kata yang dicadangkan tersebut di atas tidak boleh dipakai sebagai nama variable, class, enum, macro, dan struct.

Tipe data dasar

Untuk menyimpan suatu variabel diperlukan tempat khusus di dalam memori komputer. Besar dan tipe dari variabel-variabel di dalam standar program C++ dispesifikasikan sebagai berikut.

Nama Keterangan Ukuran Jangkauan
char Abjad/karakter atau untuk bilangan bulat kecil
1 byte Signed : -128 to 127
Unsigned : 0 to 255
Short int (short) Bilangan bulat dengan jangkauan pendek
2 byte Signed : -32768 to 32767
Unsigned : 0 to 65535
int Bilangan bulat 4 byte Signed : -2147483648 to 2147483647
Unsigned : 0 to 4294967295
long int (long) Integer dengan jangkauan panjang 4 byte Signed : -2147483648 to 2147483647
unsigned: 0 to 4294967295
bool Boolean, dapat bernilai benar atau salah (true or false) i byte true or false
float Angka dengan titik mengambang (bilangan cacah) 4 byte 3.4e +/- 38 (7 digit)
double Bilangan cacah dengan ketelitian ganda 8 byte 1.7e +/- 308 (15 digits)
Long double Bilangan cacah dengan ketelitian ganda panjang 8 byte 1.7e +/- 308 (15 digits)

wchar_t Karakter lebar, biasa dipakai untuk Unicode karakter
2 byte 1 karakter lebar

Daftar C++ compile

Untuk mengubah kode-kode C++ program menjadi suatu program aplikasi yang dimengerti oleh sistem operasi dan komputer, diperlukan sebuah kompilator C++. Berikut ini adalah beberapa kompilator C++ yang dapat digunakan secara gratis.

• Microsoft Visual C++ 2005 Express
• Turbo C++ Explorer
• Apple Xcode for Mac OS X
• Open Source Watcom / OpenWatcom C/C++ Compiler
• Digital Mars C/C++ Compiler (Symantec C++ Replacement)
• Bloodshed Dev-C++ C++ Compiler
• Free Microsoft .NET Framework Software Development Kit (SDK) / Free Microsoft Visual C++ Compiler
• Intel C++ Compiler for Linux Non-Commercial Version
• Sun Studio Compilers and Tools
• Open64 Compiler Tools
• Apple’s Macintosh Programmer’s Workshop (C and C++ compilers)
• TenDRA C/C++ Compiler
• GNU C/C++ Compiler
• Ch Embeddable C/C++ Interpreter (Standard Edition)
• DJGPP C and C++ Compilers
• CINT C and C++ Interpreter
• SDCC C Cross-compiler
• Cygwin Project (C & C++ Compilers)
• SDCC C Cross-compiler
• Code::Blocks

Pranala luar

• Homepage Bjarne Stroustrup
• C++ Users Journal
• Standard Template Library
• ISO Standard
• Andrei Alexandrescu
• Code guru, C++ resource
• C++ basic tutorial

K. C#

C# (dibaca: C sharp) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman ini dibuat berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti Java, Delphi, Visual Basic, dan lain-lain) dengan beberapa penyederhanaan. Menurut standar ECMA-334 C# Language Specification, nama C# terdiri atas sebuah huruf Latin C (U+0043) yang diikuti oleh tanda pagar yang menandakan angka # (U+0023). Tanda pagar # yang digunakan memang bukan tanda kres dalam seni musik (U+266F), dan tanda pagar # (U+0023) tersebut digunakan karena karakter kres dalam seni musik tidak terdapat di dalam keyboard standar.

1. Tujuan Desain

Standar European Computer Manufacturer Association (ECMA) mendaftarkan beberapa tujuan desain dari bahasa pemrograman C#, sebagai berikut:

• Bahasa pemrograman C# dibuat sebagai bahasa pemrograman yang bersifat general-purpose (untuk tujuan jamak), berorientasi objek, modern, dan sederhana.

• Bahasa pemrograman C# ditujukan untuk digunakan dalam mengembangkan komponen perangkat lunak yang mampu mengambil keuntungan dari lingkungan terdistribusi.

• Portabilitas programmer sangatlah penting, khususnya bagi programmer yang telah lama menggunakan bahasa pemrograman C dan C++.

• Dukungan untuk internasionalisasi (multi-language) juga sangat penting.

• C# ditujukan agar cocok digunakan untuk menulis program aplikasi baik dalam sistem klien-server (hosted system) maupun sistem embedded (embedded system), mulai dari program aplikasi yang sangat besar yang menggunakan sistem operasi yang canggih hingga kepada program aplikasi yang sangat kecil yang memiliki fungsi-fungsi terdedikasi.

• Meskipun aplikasi C# ditujukan agar bersifat ‘ekonomis’ dalam hal kebutuhan pemrosesan dan memori komputer, bahasa C# tidak ditujukan untuk bersaing secara langsung dengan kinerja dan ukuran program aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C dan bahasa rakitan.
• Bahasa C# harus mencakup pengecekan jenis (type checking) yang kuat, pengecekan larik (array), pendeteksian terhadap percobaan terhadap penggunaan variabel-variabel yang belum diinisialisasikan, portabilitas kode sumber, dan pengumpulan sampah (garbage collection) secara otomatis.

2. Sejarah

Pada akhir dekade 1990-an, Microsoft membuat program Microsoft Visual J++ sebagai sebuah langkah percobaan untuk menggunakan Java di dalam sistem operasi Windows untuk meningkatkan antarmuka dari Microsoft Component Object Model (COM). Akan tetapi, akibat masalah dengan pemegang hak cipta bahasa pemrograman Java, Sun Microsystems, Microsoft pun menghentikan pengembangan J++, dan beralih untuk membuat pengganti J++, kompilernya dan mesin virtualnya sendiri dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat general-purpose. Untuk menangani proyek ini, Microsoft merekrut Anders Helsberg, yang merupakan mantan karyawan Borland yang membuat bahasa Turbo Pascal, dan Borland Delphi, yang juga mendesain Windows Foundation Classes (WFC) yang digunakan di dalam J++. Sebagai hasil dari usaha tersebut, C# pun pertama kali diperkenalkan pada bulan Juli 2000 sebagai sebuah bahasa pemrograman modern berorientasi objek yang menjadi sebuah bahasa pemrograman utama di dalam pengembangan di dalam platform Microsoft .NET Framework.

Pengalaman Helsberg sebelumnya dalam pendesain bahasa pemrograman seperti Visual J++, Delphi, Turbo Pascal) dengan mudah dilihat dalam sintaksis bahasa C#, begitu pula halnya pada inti Common Language Runtime (CLR). Dari kutipan atas interview dan makalah-makalah teknisnya ia menyebutkan kelemahan-kelemahan yang terdapat pada bahasa pemrograman yang umum digunakan saat ini, misalnya C++, Java, Delphi, ataupun Smalltalk. Kelemahan-kelemahan yang dikemukakannya itu yang menjadi basis CLR sebagai bentukan baru yang menutupi kelemahan-kelemahan tersebut, dan pada akhirnya mempengaruhi desain pada bahasa C# itu sendiri. Ada kritik yang menyatakan C# sebagai bahasa yang berbagi akar dari bahasa-bahasa pemrograman lain. [1] Fitur-fitur yang diambilnya dari bahasa C++ dan Java adalah desain berorientasi objek, seperti garbage collection, reflection, akar kelas (root class), dan juga penyederhanaan terhadap pewarisan jamak (multiple inheritance). Fitur-fitur tersebut di dalam C# kini telah diaplikasikan terhadap iterasi, properti, kejadian (event), metadata, dan konversi antara tipe-tipe sederhana dan juga objek.

C# didisain untuk memenuhi kebutuhan akan sintaksis C++ yang lebih ringkas dan Rapid Application Development yang ‘tanpa batas’ (dibandingkan dengan RAD yang ‘terbatas’ seperti yang terdapat pada Delphi dan Visual Basic).
Agar mampu mempromosikan penggunaan besar-besaran dari bahasa C#, Microsoft, dengan dukungan dari Intel Corporation dan Hewlett-Packard, mencoba mengajukan standardisasi terhadap bahasa C#. Akhirnya, pada bulan Desember 2001, standar pertama pun diterima oleh European Computer Manufacturer Association (ECMA), dengan nomor standar ECMA-334. Pada Desember 2002, standar kedua pun diadopsi oleh ECMA, dan tiga bulan kemudian diterima oleh International Organizaion for Standardization (ISO), dengan nomor standar ISO/IEC 23270:2006.

3. Fitur-fitur bahasa

C# terkadang dapat disebutkan sebagai bahasa pemrograman yang paling mencerminkan dasar dari CLR dimana semua program-program .NET berjalan, dan bahasa ini sangat bergantung pada kerangka tersebut sebab ia secara spesifik didisain untuk mengambil manfaat dari fitur-fitur yang tersedia pada CLR.

4. Pranala luar

• (en) C# Language (MSDN)
• (en) C# Specification
• (en) ECMA-334 C# Language Specification (.pdf)
• (en) ISO C# Language Specification (for purchase)
• (en) Microsoft Visual C# .NET
• (en) F#
• (en) Computer-Books.us – A collection of C# books available for free download.
• (en) C# Discussions
• (en) C# Community Site
• (en) MCS: The Mono C# compiler
• (en) Portable.NET
• (en) Borland’s C# Builder for the Microsoft .NET Framework
• (en) SharpDevelop: Open Source C# IDE
• (en) Microsoft Visual C# Express Edition, downloadable for free
• (en) news://msnews.microsoft.com/microsoft.public.dotnet.languages.csharp
• (id) Komunitas programmer .NET Indonesia
• (en)Full C# Online book
• (id) PE College-Tutorial Pemrograman C# dalam Bentuk Video

L. Visual C++

Visual C++ adalah sebuah produk Integrated Development Environment (IDE) untuk bahasa pemrograman C dan C++ yang dikembangkan Microsoft. Visual C++ merupakan salah satu bagian dari paket Microsoft Visual Studio.

M. Bahasa Pemograman ColdFusion

ColdFusion adalah server aplikasi dan framework pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk pengembangkan perangkat lunak komputer, khususnya situs web dinamis. ColdFusion merupakan produk yang mirip dengan Microsoft ASP.NET, JavaServer Pages dan PHP. ColdFusion adalah teknologi yang pertama kali menyediakan kemampuan membuat situs web dinamis yang terhubung pada basis data backend.

ColdFusion pertama kali dikembangkan di Allaire Corporation, oleh kakak beradik JJ dan Jeremy Allaire sampai dengan versi 5 sebelum dibeli oleh Macromedia. Versi yang dijual oleh Macromedia adalah Macromedia Coldfusion MX 7. Setelah Macromedia dibeli oleh Adobe, perangkat lunak ini diganti namanya menjadi Adobe ColdFusion 8.

N. Bahasa Pemograman dBase dkk :

Clipper

Clipper adalah bahasa pemrograman komputer keluarga XBase yang digunakan untuk membuat program komputer utamanya yang berjalan pada sistem operasi DOS. Secara lebih spesifik, clipper umumnya digunakan untuk membuat program-program yang terkait dengan database/bisnis (contoh. akuntansi, manajemen simpan/pinjam, dan lain-lain).

1. Sejarah

Clipper pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985 oleh Nantucket, yang kemudian dijual kepada Computer Assosiates, sebagai kompiler untuk dBASE III yang sangat populer pada masa itu. kompilasi kode-kode dBASE berarti mengubahnya dari kode interpretasi (kode sumber yang bisa dibaca oleh manusia), yang harus di interpretasikan oleh komputer setiap kali setiap baris dijalankan, menjadi P-code (atau pseudo-code), yang menggunakan Mesin Virtual untuk memproses p-code yang telah dikompilasi tersebut. Meskipun P-code tidak lebih cepat daripada kode mesin yang dihasilkan oleh kompiler bahasa lain (C++), namun secara keseluruhan P-code masih jauh lebih cepat dibandingkan interpreter.

Sebagai produk yang mapan, clipper banyak digunakan sebagai salah satu perangkat pembantu pada sistem operasi DOS selama beberapa tahun, dalam pengembangannya clipper mengadopsi pula elemen-elemen dari bahasa C dan bahasa pascal, begitu pula fitur Pemrograman Berorientasi Objek, tipe data code-block (konsep hibrid dari makro yang terdapat pada dBase), pengevaluasi string, dan fungsi-fungsi pointer yang menjadikan Clipper lebih tangguh dari saat pertama diperkenalkan. Pengembangan lebih lanjut lagi adalah ketika proyek Aspen milik Nantucket yang beberapa waktu kemudian akhirnya mencapai tahapan mapan mengubah Clipper menjadi kompiler Visual Object berbasis Windows yang mampu menghasilkan kode mesin dibandingkan Clipper yang hanya menghasilkan P-code.

Pada masa-masa sekarang, bahasa Clipper masih secara aktif digunakan pada berbagai implementasi, dan terus dikembangkan oleh berbagai organisasi/vendor. Clip, Harbour, Xbase++, dan FlagShip merupakan bentuk-bentuk produk kompiler yang mengimplementasikan bahasa Clipper yang umumnya saat ini telah mendukung aspek portabilitas antar sistem operasi yang yang lebih baik (DOS, Windows, Linux (baik 32-bit ataupun 64-bit), Unix, dan OS X), mendukung ekstensi/lokalisasi bahasa yang lebih banyak, diperkaya dengan pustaka fungsi yang lebih baik, begitu pula dukungan terhadap beragam format data seperti DBF, DBTNTX, DBFCDX (FoxPro dan Comix), Apollo, SQL, dan banyak lagi. Uniknya keseluruhan implementasi ini masih tetap mempertahankan kompatibilitas dengan sintaksis-sintaksis standar yang dikenal dalam dBase/xBase.

FoxPro

Visual FoxPro adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan prosedural dari Microsoft. Awalnya bahasa pemrograman ini dikenal dengan nama FoxBASE yang diluncurkan oleh Fox Software pada awal 1984. Fox Technologies kemudian bergabung dengan Microsoft pada 1992 sehingga di depan nama FoxBASE ditambahkan awalan “Visual”.

Versi terakhir FoxPro (2.6) dapat berjalan pada sistem operasi Mac OS, DOS, Windows, dan Unix. Visual FoxPro 3.0, versi “Visual” pertama, akhirnya tersingkir karena hanya mendukung Mac dan Windows, dan versi berikutnya hanya mendukung Windows saja. Versi terkini Visual FoxPro adalah berdasarkan teknologi COM dan Microsoft telah menyatakan bahawa mereka tidak berniat untuk mencipta versi Microsoft .NET.

Visual FoxPro

Visual FoxPro adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan prosedural dari Microsoft. Awalnya bahasa pemrograman ini dikenal dengan nama FoxBASE yang diluncurkan oleh Fox Software pada awal 1984. Fox Technologies kemudian bergabung dengan Microsoft pada 1992 sehingga di depan nama FoxBASE ditambahkan awalan “Visual”.

Versi terakhir FoxPro (2.6) dapat berjalan pada sistem operasi Mac OS, DOS, Windows, dan Unix. Visual FoxPro 3.0, versi “Visual” pertama, akhirnya tersingkir karena hanya mendukung Mac dan Windows, dan versi berikutnya hanya mendukung Windows saja. Versi terkini Visual FoxPro adalah berdasarkan teknologi COM dan Microsoft telah menyatakan bahawa mereka tidak berniat untuk mencipta versi Microsoft .NET.

O. Bahasa pemograman FORTRAN

Fortran (atau FORTRAN) adalah sebuah bahasa pemrograman. Pertama kali dikembangkan pada tahun 1950 dan digunakan dalam bidang sains selama 50 tahun kemudian. Pertama kali bernama FORTRAN yang merupakan singkatan dari Formula Translator/Translation, tetapi penggunaan huruf besar kemudian ditiadakan sejak versi Fortran 90. Pertama kali dikembangkan merupakan bahasa pemrograman prosedural, akan tetapi versi-versi terbaru dari Fortran kemudian dikembangkan dengan memasukkan kemampuan object-oriented programming.

P. Bahasa Pemograman Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995.

1. Sejarah perkembangan Java

Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.

Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai “*7″ (Star Seven).

Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.

Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.

Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.
Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.

Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.

Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “bapak java”, James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.

2. Versi Awal

Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya :

• java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
• java.io: Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
• java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
• java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
• java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
• java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.

3. Kelebihan

• Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.

• OOP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis oebjek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.

• Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.

• Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman [C++] sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.

• Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

4. Kekurangan

• Tulis sekali, perbaiki di mana saja. Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.

• Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena koe jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.

• Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.

5. Contoh Kode Program Sederhana Dalam Java

Contoh program Halo dunia yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java adalah sebagai berikut:

class HaloDunia { public static void main(String[] argumen) { System.out.println(“Halo Dunia”); } }

6. Tahap Kompilasi Java

1. Tulis / Ubah. Pemrogram menulis program dan menyimpannya di media dalam bentuk berkas ‘.java’.
2. Kompilasi. Pengkompilasi membentuk bytecodes dari program menjadi bentuk berkas ‘.class’.
3. Muat. Pemuat kelas memuat bytecodes ke memori.
4. Verifikasi. Peng-verifikasi memastikan bytecodes tidak mengganggu sistem keamanan Java.
5. Jalankan. Penerjemah menerjemahkan bytecodes ke bahasa mesin.

7. Integrated Development Environment

Banyak pihak telah membuat IDE (Integrated Development Environment – Lingkungan Pengembangan Terintegrasi) untuk Java. Yang populer saat ini (Juli 2006) antara lain :

• Dr. Java, program gratis yang dikembangkan oleh Universitas Rice, AS
• BlueJ, program gratis yang dikembangkan oleh Universitas Monash, Australia
• NetBeans (open source- Common Development and Distribution License (CDDL))
NetBeans disponsori Sun Microsystems, dan versi terkininya memilki Matisse, sebuah GUI Editor yang menurut pendapat umum merupakan yang terbaik.
• Eclipse JDT (open source- Eclipse Public License)
Eclipse dibuat dari kerja sama antara perusahaan-perusahaan anggota ‘Eclipse Foundation’ (beserta individu-individu lain). Banyak nama besar yang ikut dalam ‘Eclipse Foundation’, termasuk IBM, BEA, Intel, Nokia, Borland. Eclipse bersaing langsung dengan Netbeans IDE. Plugin tambahan pada Eclipse jauh lebih banyak dan bervariasi dibandingkan IDE lainnya.
• IntelliJ IDEA (commercial, free 30-day trial)
• Oracle JDeveloper (free)
• Xinox JCreator (ada versi berbayar maupun free)
JCreator ditulis dalam C/C++ sehingga lebih cepat (dan menggunakan memori lebih sedikit) dari kebanyakan IDE.

8. Pranala luar

• (en) Situs resmi Java Sun
• (en) Java.net Wiki
• (en) Sejarah Java
• (id) Wiki JUG-Indonesia
• (en) Decompiler-HOWTO
• (en) Full Java Tutorial
• (en) Learn Java Programming by Examples

Q. JavaScript

JavaScript adalah nama implementasi Netscape Communications Corporation untuk ECMAScript standar, suatu bahasa skrip yang didasarkan pada konsep pemrograman berbasis prototipe. Bahasa ini terutama terkenal karena penggunaannya di situs web (sebagai JavaScript sisi klien) dan juga digunakan untuk menyediakan akses skrip untuk objek yang dibenamkan (embedded) di aplikasi lain.

Walaupun memiliki nama serupa, JavaScript hanya sedikit berhubungan dengan bahasa pemrograman Java, dengan kesamaan utamanya adalah penggunaan sintaks C. Secara semantik, JavaScript memiliki lebih banyak kesamaan dengan bahasa pemrograman Self.

Skrip JavaScript yang dimasukkan di dalam berkas HTML ataupun XHTML harus dimasukkan di antara tag …. Berikut ini adalah contohnya (yang akan menampilkan sebuah dialog box berisi Halo Dunia! ketika sebuah tombol diklik oleh pengguna):

function halo() { alert( “Halo Dunia!” ); }

R. JSP

JSP (Java Server Page) ialah teknologi untuk mengontrol isi atau tampilan halaman Web melalui penggunaan servlet, program kecil yang dijalankan di server Web.

Sun Microsystem, pembuat Java, mengacu kepada teknologi JSP sebagai Servlet API (Application Program Interface).

Halaman HTML yang berisi link ke servlet Java memiliki akhiran .jsp.

S. Bahasa Pemograman Lisp

LISP (LISt Processing) dispesifikasikan John McCarthy pada tahun 1950. Mulanya LISP dimaksudkan sebagai model komputasi alternatif berdasarkan teori fungsi/persamaan rekursif. Bahasa McCarthy berdasarkan makalahnya: “Recursive functions of symbolic expressions and their computation by machine”

Tujuan McCarthy adalah sebagai berikut :
– Menciptakan bahasa untuk komputasi simbolik bukan numerik.
– Implementasi model komputasi berdasarkan teori fungsi rekursif.
– Menyediakan definisi sintaks dan simantiks bahasa yang bersih.
– Mendemonstrasikan secara formal kelengkapan model komputasi ini.

Selain sebagai formalisasi matematika, LISP merupakan bahasa pemrograman yang praktis. LISP sesuai namanya LISt Processing dirancang untuk menyediakan kemampuan manipulasi simbol untuk menangani masalah pemrograman yang melibatkan banyak manipulasi simbolik.

Pada LISP, list adalah basis program dan struktur data. LISP menyediakan fungsi-fungsi penanganan list yang diimplementasikan secara internal sebagai struktur pointer berkait. Program dapat menggunakan keampuhan dan generalitas penuh struktur berkait dengan bebas dari tangungjawab mengelola pointer dan operasi-operasi pointer secara eksplisit.

Mulanya LISP adalah bahasa yang sangat kecil dan sederhana, yaitu:
– Fungsi untuk membentuk dan mengakses list
– Mendefinisikan fungsi baru
– Mendeteksi kesamaan
– Evaluasi ekspresi
– Kendali Program: Rekursi dan Kondisi tunggal

Selain itu, adanya penambahan pada LISP yaitu :
– Fungsi untuk penstrukturan data
– Kendali program
– Aritmatika real dan integer
– I/O
– Penyuntingan fungsi LISP
– Penelusuran eksekusi program.

LISP berkembang menjadi lingkungan yang kaya, ampuh dan praktis untukmembangun sistem perangkat lunak besar. Pada tahun 1993, DARPA mengusulkan standarisasi disebut Common LISP.

LISP merupakan bahasa yang memiliki fitur unik. Bahasa LISP menjadi media yang luar biasa untuk mempelajari bentukan-bentukan pemrograman dan struktur data serta menghubungkannya ke fitur-fitur bahasa yang mendukungnya.

Fitur paling berarti adalah deskripsi proses di LISP yang disebut procedure dapat direpresentasikan dan dimanipulasi sebagai data.

Pentingnya hal ini adalah bahwa teknik-teknik perancangan program yang ampuh yang bergantung pada pengaburan antara data “pasif” dan proses “aktif”.

Fleksibilitas LISP dalam menangani prosedur sebagai data membuatnya menjadi bahasa yang cocok untuk eksplorasi teknik-teknik pengaburan.

Kemampuan merepresentasi prosedur sebagai data juga membuat LISP merupakan bahasa luar biasa untuk menulis program yang harus memanipulasi program lain sebagai data seperti interpreter atau kompilator yang mendukung bahasa pemrograman.

Varian-varian LISP
– LISP asli (akhir 1950) di MIT,
# LISP 1.5 diawal 1960 sebagai standar pertama,
# MacLISP (akhir 1960) -> di MIT sebagai upgrade,
# ZetaLISP dan
# LISP Machine (akhir 1970) -> varian komersial MacLISP.
– InterLISP (awal 1970) -> varian West Coast
– SCHEME (pertengahan 1970-an) -> varian LISP utama lebih dekat ke kalkulus lambda.
– Portable Standard LISP (PSL) (awal 1980-an) -> versi efesien LISP dari Universitas Utah yang ditulis dengan LISP dan sceara mudah ditransport ke komputer baru.
– Frans LISP (awal 1980-an) -> varian lain dari MacLISP yang dioptimasi untuk dijalankan di lingkunagn AT&T.
– Common LISP (awal 1980-an) -> kombinasi standar banyak varian
– MultiLISP (pertengahan 1980-an) -> SCHEME dengan dukungan parallelism secara eksplisit.
– CLOS (Common LISP Object System) -> pengembangan LISP untuk mendukung sistem objek secara eksplisit.

T. Bahasa Pemograman Logo

Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai ganti dari nama sebenarnya.

U. Bahasa Pemograman Pascal

1. Sejarah PASCAL

Pascal merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60, bahasa pemrograman untuk sains komputasi. Tahun 1960, beberapa ahli komputer bekerja untuk mengembangkan bahasa ALGOL, salah satunya adalah Dr. Niklaus Wirth dari Swiss Federal Institute of Technology (ETH-Zurich), yang merupakan anggota grup yang membuat ALGOL. Tahun 1971, dia menerbitkan suatu spesifikasi untuk highly-structured language (bahasa tinggi yang terstruktur) yang menyerupai ALGOL. Dia menamainya dengan PASCAL (seorang filsuf dan ahli matematika dari Perancis) Pascal bersifat data oriented, yaitu programmer diberi keleluasaan untuk mendefinisikan data sendiri. Pascal juga merupakan teaching language (banyak dipakai untuk pengajaran tentang konsep pemrograman). Kelebihan yang lain adalah penulisan kode Pascal yang luwes, tidak seperti misalnya FORTRAN, yang memerlukan programmer untuk menulis kode dengan format tertentu. Bentuk dasar program Pascal adalah seperti berikut:program TITLE ;begin pernyataan;pernyataanend.

2. PASCAL

Sebagai bahasa terstrukturSebagai bahasa terstruktur, PASCAL mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:1. BerurutanSusunan dari kode-kode dalam teks Pascal harus ditulis secara urut dari atas, pernyataan-pernyataan yang ditulis lebih awal akan dieksekusi lebih dahulu. Oleh karena itu, suatu pernyataan yang menyangkut suatu variabel di dalam program, maka variable itu harus terdefinisi dahulu sebelumnya. Hal ini terutama menyangkut pada pemanggilan sub-program oleh sub-program yang lain. Bisa dibaca lebih lanjut pada bagian sub-program.2. Blok dengan batas-batas yang jelas.Pascal memberikan pembatas yang jelas pada tiap-tiap blok, seperti pada blok program utama, sub-program, struktur kontrol (pengulangan/ pemilihan), dll. Pemakaian kata kunci begin untuk mengawali operasi pada blok dan end untuk menutupnya memudahkan programmer menyusun programnya dengan mudah. Seperti contoh:If X>0 thenbegin Write ( ‘ bilangan positif’);Writeln ( ‘ program selesai’);end;3. Satu pintu masuk dan satu pintu keluar pada blok pemilihan dan pengulangan. Contoh di atas juga mengilustrasikan pintu masuk tunggal pada suatu blok pemilihan yaitu suatu test logika X>0, dengan pintu keluaran yang satu pula (satu disini maksudnya bukan dua baris perintah output tapi suatu paket perintah yang dirangkai dengan begin .. end.3. Bakuan PASCALDibakukan oleh ISO pada tahun 1983 dan dikembangkan dalam beberapa versi, diantaranya: USCD PASCAL, MS PASCAL, TURBO PASCAL dll. Dengan semakin berkembangnya teknologi dalam komputasi, Pascal dimanfaatkan untuk pengembangan DELPHI (berasal dari nama suatu kota di masa Yunani kuno), suatu bahasa pemrograman visual yang menonjolkan pada efek grafis dan orientasi pada objek-objek yang siap dipakai, karena memiliki Visual Component Library (VCL).4. Struktur Bahasa PASCALsecara umumPascal mempunyai struktur sebagai berikut:1. Bagian Judul Program2. Bagian Deklarasia. Deklarasi tipe data (TYPE)b. Deklarasi variabel (VAR)c. Deklarasi konstanta (CONST)d. Deklarasi label (LABEL)e. Deklarasi sub-program (PROCEDURE dan FUNCTION)3. Bagian Program Utama Perintah-perintah.Teks Pascal setidaknya memiliki bagian Judul Program, bagian Deklarasi, dan Bagian Program Utama yang berupa perintah-perintah. Sedangkan untuk bagian deklarasi menyesuaikan dengan isi dari program itu sendiri. Contoh program PASCAL:program TAMBAH_00; { Menjumlahkan dua bilangan yang nilainya diberikan dalam perintah}var X, Y, Z: integer; { Deklarasi variabel X,Y dan Z sebagai bilangan bulat }BEGIN { Program Utama Mulai }X := 50; { Perintah memberikan nilai 50 pada var. X }Y := 25; { Perintah memberikan nilai 25 pada var. Y }Z := X + Y; { Perintah menjumlahkan X dan Y serta menyimpan hasilnya ke Z}END. { Akhir Program Utama }Pada contoh ini nilai X dan Y tidak bisa sembarang, karena didefiniskan tertentu. Agar nilai X dan Y bisa bebas ditentukan, nilai X dan Y dibaca dari default input.program TAMBAH_01; { Menjumlahlan dua buah bilangan yang dibaca dari default input }var X, Y, Z: integer; { Deklarasi variabel X,Y dan Z sebagai bilangan bulat }BEGIN { Program Utama Mulai }read(X); { Membaca nilai X lewat key-board }read(Y); { Membaca nilai Y lewat key-board }Z := X + Y; { Menjumlahkan X dan Y serta menyimpan hasilnya ke Z }write(Z); { Menyajikan Z ke layar monitor }END. { Akhir Program Utama }Dasar Bahasa PASCALUnsur-unsur Pemrogramana. Mendapatkan data dengan membaca data dari default input (key board, file atau sumber data lainnya).b. Menyimpan data ke dalam memori dengan struktur data yang sesuai,c. Memproses data dengan instruksi yang tepat.d. Menyajikan atau mengirimkan hasil olahan data ke default output (monitor, file atau tujuan lainnya).Dalam mengolah data diperlukan pengelolaan instruksi terstruktur:a. Beberapa instruksi dikelompokkan dalam satu blok atau model yang mengerjakan tugas tertentu.b. Beberapa perintah dilaksanakan dengan persyaratan tertentu.c. Beberapa perintah dilaksanakan berulang dengan jumlah pengulangan tertentu. Identifier Digunakan untuk nama: Program, Sub-program (procedure dan function),nama: Variable, Constant, Type, Label.Nama-nama ini digunakan untuk pemakaian dan pemanggilan dalam program. Ketentuan penulisan identifiera. Nama identifier harus dimulai dengan karakter huruf alfabet: a sampai z, A sampai Z atau karakter ‘_’ (underscore – garis bawah)b. Karakter berikutnya boleh karakter numerik (0 .. 9) atau kombinasi alphanumerik (huruf-numerik).c. Panjang nama, pada berbagai versi Pascal umumnya antara 32 – 63.d. Tidak boleh menggunakan karakter istimewa: + – * / \ = [ ] . , ; : ( ) ^ @ { } $ # ~ ! % & ` ” ‘ dan ? Contoh penulisan:Penulisan yang benar: X _PQR Beta Sudut_Alpha luasLingkaranPenulisan yang salah: 3D sisi-Kanan B#Jenis identifiera. Identifier umumMerupakan identifier yang didefinisikan sendiri oleh pemrogram. Pemrogram mempunyai kebebasan untuk menentukan nama identifiernya, dengan syarat nama tersebut tidak sama dengan identifier standar dan reserved word yang akan dibahas lebih lanjut. Hal ini untuk mencegah kesalahan yang bisa timbul akibat tumpang tindih identifier dalam program.b. Identifier Standar (Baku)Merupakan identifier yang didefinisikan oleh pembuat kompiler Pascal. Biasanya pembuat kompiler menyediakan suatu library yang sudah ada didalam kompiler. Library berisi berbagai procedure, fungsi atau unit yang sudah siap pakai. Misalnya Turbo Pascal Windows 1.5 memiliki suatu unit untuk memproses output yaitu wincrt, gotoxy, yang dengan mudah bisa dipakai oleh programmer di dalam menuliskan kode-kode programnya. Dinamai Identifier Standar karena suatu kompiler tidak harus memilikinya, masing-masing kompiler dimungkinkan mempunyai identifier yang berbeda untuk suatu tugas yang hampir sama. Misalnya Turbo Pascal versi DOS menggunakan crt untuk melakukan fungsi yang sama dengan wincrt (TPW 1.5). Beberapa Identifier Standar yang dimiliki oleh kompiler-kompiler Pascal antara lain:abs arctan boolean char cos dispose eof eoln exp false input integer ln maxint new odd ord output pack page pred read readln real reset rewrite round sin sqr sqrt succ text true trunc write writelnc. Identifier “reserved word”, yaitu yang sudah didefinisikan dan digunakan oleh bahasa PASCAL sendiri (Kita tidak bisa menamai identifier kita dengan ini).and array begin case const div do downto else end file for forward function goto if in label mod nil not of or packed procedure program record repeat set then to type until var while withDeklarasi Variable:Mendeklarasikan varibel adalah:a. Memberikan nama variabel sebagai identitas pengenalb. Menentukan tipe data variabelContoh deklarasi variabel:var K : integer;R : real;C : char;T : boolean;Beberapa identifier yang sejenis bisa dideklarasikan bersamaan.var i, j, k : integer;{Variabel i, j dan k sebagai integer}namaMHS, alamatMHS : char; {Nama dan alamat mahasiswa }Deklarasi Konstanta:Mendeklarasikan konstanta adalah:a. Memberikan nama konstanta sebagai identitas pengenalb. Menentukan nilai konstantaContoh deklarasi konstanta:const MaximumSize = 100; {integer }ExitCommand = ‘Q’; {char }Tipe DataTipe data yang disediakan oleh PASCAL meliputi:1. Tipe Data Sederhanamerupakan tipe data dasar yang sering dipakai oleh program, meliputi: integer (bilangan bulat), real (bilangan pecahan), char (alphanumerik dan tanda baca), dan boolean (logika). Untuk data integer dan real masing-masing terbagi menjadi beberapa kategoria. Bilangan Integermerupakan tipe data berupa bilangan bulat, terbagi atas beberapa kategori seperti terlihat dalam tabel 1. tabel 1 menunjukkan jenis data, ukuran dalam memori dan rentang nilainya.tabel 1. Tipe Data Bilangan IntegerTipe DataUkuran TempatRentang NilaiByte1 byte0 s/d +255Shortint1 byte-28 s/d +127integer2 bytes-32768 s/d 32767Word2 bytes0 s/d 65535Longint4 bytes2147483648 s/d 2147483647Contoh bilangan integer adalah: 34 6458 -90 0 1112 Penggolongan tipe data integer tersebut dimaksudkan untuk membatasi alokasi memori yang dibutuhkan misalkan untuk suatu perhitungan dari suatu variabel bilangan diperkirakan nilai maksimumnya 32767 kita cukup mendeklarasikan variabel bilangan sebagai integer (2 byte), daripada sebagai longint(4 byte). Di dalam kompilernya, Pascal menyediakan konstanta untuk bilangan Integer yaitu: MaxInt and MaxLongInt, pemrogram bisa menggunakannya di dalam programnya tanpa harus terlebih dahulu mendefinisikannya.-MaxInt bernilai 32.767-MaxLongint bernilai 2.147.483.647.contoh:Program display_maxint;uses wincrt;begin writeln (maxint)end.Hasilnya: 32.767b. Bilangan RealBilangan real atau nyata merupakan jenis bilangan pecahan, dapat dituliskan secara biasa atau model scientific . Contoh bilangan real: 34.265 -3.55 0.0 35.997E+11, dimana E merupakan simbol perpangkatan 10. Jadi 452.13 mempunyai nilai sama dengan 4.5213e2. Penggolongan tipe data bilangan real dapat dilihat pada tabel 2.tabel 2. Bilangan RealTipe DataUkuran TempatRentang Nilaireal6 bytes2.9 x 10-39 s/d 1.7 x1038single4 bytes1.5 x 1045 s/d 3.4 x 1038double8 bytes5.0 x 10-324 s/d 1.7 x 10308extended10 bytes3.4 x 10-4932 s/d 1.1 x 104932comp8 bytes-9.2x 1018 s/d 9.2x 1018c. Chartipe data ini menyimpan karakter yang diketikkan dari keyboard, memiliki 266 macam yang terdapat dalam tabel ASCII (American Standard Code for Information Interchange). Contoh: ‘a’ ‘B’ ‘+’, dsb. Yang perlu diingat bahwa dalam menuliskannya harus dengan memakai tanda kutip tunggal. Jenis data ini memerlukan alokasi memori sebesar 1(satu) byte untuk masing-masing data.

V. Delphi

Delphi dapat mengacu ke beberapa hal seperti :
• Bahasa Pemrograman Delphi
• Orakel Delphi, yaitu tempat para peramal di jaman Yunani kuno berkumpul
• Delphi juga merupakan layanan online
• Efek Delphi
• Delphi Corporation adalah perusahaan sistem kendaraan roda empat

W. Bahasa Pemograman Perl

Perl adalah bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. Dukungan terhadap pemrograman berbasis obyek (object oriented programming/OOP) ditambahkan pada Perl 5, yang pertama kali dirilis pada tanggal 31 Juli 1993. Proyek pengembangan Perl 6 dimulai pada tahun 2000, dan masih berlangsung hingga kini tanpa tanggal yang jelas kapan mau dirilis. Ini dikatakan sendiri oleh Larry Wall dalam satu pidatonya yang dikenal dengan seri The State of the Onion.

Dua di antara karakteristik utama Perl adalah penanganan teks dan berbagai jalan pintas untuk menyelesaiakn persoalan-persoalan umum. Tidak heran jika Perl sangat populer digunakan dalam program-program CGI (Common Gateway Interface) dan berbagai protokol Internet lainnya. Seperti diketahui, TCP/IP sebagai basis bagi semua protokol Internet yang dikenal sekarang ini menggunakan format teks dalam komunikasi data. Seperti juga bahasa populer lainnya, Perl menerima banyak kritikan. Meski banyak di antaranya hanya berupa mitos, atau berlebih-lebihan, tapi terdapat juga sejumlah kritikan yang valid. Salah satunya adalah, sintaksnya susah dibaca, karena banyak menggunakan simbol-simbol yang bukan huruf dan angka.

1. Nama dan singkatan

Larry Wall menegaskan bahwa bahasa pemrograman yang diciptakannya diberi nama Perl (dengan P besar), sedangkan perl (dengan p kecil) adalah nama untuk program interpreter yang menjalankan kode sumber yang ditulis dengan bahasa Perl. Korelasi kedua nama ini ditegaskan oleh Tom Christiansen dalam ungkapan only perl can parse Perl, atau Nothing but perl can parse Perl. Nama perl sebagai sebuah program, mengikuti konsensus penamaan program di sistem Unix, yaitu pendek dan semua ditulis huruf kecil (kalau di Windows nama program ini adalah perl.exe). Baik Perl maupun perl bukanlah sebuah singkatan atau akronim. Jadi, penulisan PERL (semua huruf besar) dianggap salah, tidak berdasar, dan sama sekali tidak akurat jika dihubungkan dengan Perl sebagai bahasa pemrograman.

Baru belakangan Larry Wall memberikan kepanjangan Practical Extraction and Reporting Language. Mungkin karena terkesan serius dan sangat relevan, kepanjangan ini secara salah sering dirujuk sebagai kepanjangan resmi dari Perl. Barangkali untuk mencegah kesalahpahaman, atau karena Larry Wall memang suka bercanda, dia mengumumkan kepanjangan lain, yaitu Pathologically Eclectic Rubbish Lister. Dan, yang terbaru adalah People Excel at Relational Labor, untuk menggambarkan bahwa perkembangan Perl tidak terlepas dari keterlibatan dan komimen komunitas.

Di luar itu, berkembang kreasi-kreasi lain untuk membuat kepanjangan Perl, baik yang bermaksud serius maupun bercanda, bahkan ada juga yang sifatnya merendahkan atau melecehkan.

Lambang unta

Buku “Programming Perl” yang diterbitkan oleh O’Reilly Media memiliki sampul depan yang bergambar unta. Setelah itu buku ini dikenal sebagai Buku Unta. Gambar unta ini kemudian digunakan secara luas sebagai lambang dari Perl.

O’Reilly memiliki hak cipta atas gambar ini tetapi menyatakan bahwa mereka hanya akan menggunakan jalur hukum untuk melindungi ketepatan dan kesamaan lambang unta ini. O’Reilly memperbolehkan penggunaan non-komersial atas lambang ini dan menyediakan logo “Programming Republic of Perl” dan gambar tombol “Powered by Perl”.

X. Bahasa Pemograman Prolog

Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau di sebut juga sebagai bahasa non-procedural. Namanya diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.

Berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakan algoritma konvensionl sebagai teknik pencariannya seperti pada Delphi, Pascal, BASIC, COBOL dan bahasa pemrograman yang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang di sebut heuristik (heutistic) dengan menggunakan pohon logika.

Pranala luar
• (en) Learn Prolog Now!
• (en) Fundamental Prolog Tutorial
• (en) Prolog Tutorial
• (en) Visual Prolog Tutorial
• (en) Runnable examples
• (en) Visual Prolog Examples
• (en) Prolog Development Center

Y. Bahasa Pemograman Python

Python adalah bahasa pemrograman model skrip (scripting language) yang berorientasi obyek. Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi. Saat ini script python dapat dijalankan di system :

• Linux/Unix
• Windows
• Mac OS X
• OS/2
• Amiga
• Palm
• Symbian (untuk produk-produk Nokia)

Python didistribusikan dengan beberapa lisensi yang berbeda dari beberapa versi. Lihat sejarahnya di Python Copyright. Namun pada prinsipnya Python dapat diperoleh dan dipergunakan secara bebas, bahkan untuk kepentingan komersial. Lisensi Python tidak bertentangan baik menurut definisi Open Source maupun General Public License (GPL).

1. Sejarah

Python dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 di CWI, Amsterdam sebagai kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC. Versi terakhir yang dikeluarkan CWI adalah 1.2.

Tahun 1995, Guido pindah ke CNRI sambil terus melanjutkan pengembangan Python. Versi terakhir yang dikeluarkan adalah 1.6. Tahun 2000, Guido dan para pengembang inti Python pindah ke BeOpen.com yang merupakan sebuah perusahaan komersial dan membentuk BeOpen PythonLabs. Python 2.0 dikeluarkan oleh BeOpen. Setelah mengeluarkan Python 2.0, Guido dan beberapa anggota tim PythonLabs pindah ke DigitalCreations.

Saat ini pengembangan Python terus dilakukan oleh sekumpulan pemrogram yang dikoordinir Guido dan Python Software Foundation. Python Software Foundation adalah sebuah organisasi non-profit yang dibentuk sebagai pemegang hak cipta intelektual Python sejak versi 2.1 dan dengan demikian mencegah Python dimiliki oleh perusahaan komersial. Saat ini distribusi Python sudah mencapai versi 2.5 (alpha 1) dan 2.4.3 (final).

Nama Python dipilih oleh Guido sebagai nama bahasa ciptaannya sebab Guido adalah penggemar berat acara televisi Monty Python’s Flying Circus. Oleh karena itu seringkali ungkapan-ungkapan khas dari acara tersebut seringkali muncul dalam korespondensi antar pengguna Python.

2. Fitur

Beberapa fitur yang dimiliki Python adalah :

• memiliki kepustakaan yang luas; dalam distribusi Python telah disediakan modul-modul ‘siap pakai’ untuk berbagai keperluan.
• memiliki tata bahasa yang jernih dan mudah dipelajari.
• memiliki aturan layout kode sumber yang memudahkan pengecekan, pembacaan kembali dan penulisan ulang kode sumber.
• berorientasi obyek.
• memiliki sistem pengelolaan memori otomatis (garbage collection, seperti java)
• modular, mudah dikembangkan dengan menciptakan modul-modul baru; modul-modul tersebut dapat dibangun dengan bahasa Python maupun C/C++.

Z. Bahasa Pemograman PHP

PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.

Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah phpBB dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Mambo, Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain.

1. Sejarah PHP

PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.
Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI, kependekan dari Hypertext Preprocessing’/Form Interpreter. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi open source, maka banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.

Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.

Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0.

Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.

Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

2. Kelebihan PHP dari bahasa pemrograman lain

• Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
• Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana – mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan configurasi yang relatif mudah.
• Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
• Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
• PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

3. Hello World

Program Hello World yang ditulis menggunakan PHP adalah sebagai berikut:
<?php echo “Hello World” ; echo “Halo Dunia” ; ?>

4. Contoh program yang lebih kompleks

Berikut ini adalah contoh program yang relatif lebih kompleks yang ditulis dengan menggunakan PHP. Contoh program ini adalah program untuk menampilkan barisan bilangan Fibonacci.

<?php $now = 1; $prev = 0; $jumlah = 8; while ($i

5. Tipe Data

PHP memiliki 8 (delapan) tipe data yaitu :
1. Integer
2. Double
3. Boolean
4. String
5. Object
6. Array
7. Null
8. Nill
9. Resource

6. Lihat pula

Template Engine
• Smarty

PHP Framework
• CakePHP
• CodeIgniter
• PRADO
• Symfony
• Zend Framework

7. Pranala luar

• Situs resmi
• (en) Why choose PHP
• (en) Top PHP Tutorials
• (en) Klorofil Platform For PHP
• (id) Blog Grup Pengguna PHP Indonesia
• (id) Milis phpug
• (id) Milis id-php
• (id) Portal Informasi PHP Indon

Z1. Bahasa Pemograman PHP – Oracle

PHP (http://www.php.net/) sering didefinisikan sebagai Pre Hypertext Processor atau Personal Home Page Tool, adalah sebuah bahasa pemrograman web yang sangat familiar untuk para web master. Begitu banyak situs yang menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman utamanya.

PHP kerap identik dengan MySQL (http://www.mysql.com/), yaitu sebuah database server yang opensource. Namun tidak jarang juga MySQL ternyata kurang mampu meng-handle data yang sedemikian besar & kompleks, oleh sebab itulah PHP memiliki kemampuan untuk berkomnikasi dengan database lain selain MySQL, diantaranya Oracle (http://www.oracle.com/).

Oracle adalah sebuah set aplikasi database yang mampu meng-handle data yang sangat besar & kompleks, kabarnya microsoft.com pun menggunakan oracle sebagai sistem manajemen data mereka (tidak ada referensi mengenai hal ini, hanya sebuah gosip!).

Berikut adalah beberapa tahapan yang harus dilakukan jika ingin meng-komunikasikan PHP & Oracle:

1. Tentunya kita harus meng-install Oracle Server.
2. Di Laptop atau PC yang akan dipakai untuk developement, install Oracle Client.
3. Install Apache Webserver
4. Install & Configure PHP

Kemudian buat sebuah code untuk melakukan test koneksi dengan PHP ke Oracle :

Eksekusi program ini, jika koneksi telah berhasil, ya.. tinggal coding saja :-) tetapi jika result nya error, hal yang bisa kita lakukan adalah:

1. Pastikan anda meng-install Oracle Client di tempat anda mengeksekusi code tadi.
2. Cek Apache error log, kemudian cek apache conf & php ini anda, pastikan tidak ada error di error log apache, lakukan eliminasi/perbaikan untuk semua error yang anda dapati di Apache error log
3. Lebih lengkapnya, baca manual di http://www.php.net/

Sample Query data ke Oracle dengan PHP:

Untuk interface oracle nya, kita bisa menggunakan software yang seperti TOAD (http://www.toadsoft.com/) atau sejenisnya.

Z2. Bahasa Pemograman Pike

Pike adalah bahasa pemrograman scripting yang memiliki sintaks mirip dengan C++ dan Java. Bahasa pemrograman ini adalah bahasa pemrograman scripting dinamis yang sangat mudah di pelajari. Bahasa pemrograman ini juga memiliki banyak fungsi dan tipe data yang sangat baik bila digunakan untuk pemrosesan data.

1. Sejarah

Pike berakar dari LPC (Lars Pensjö C), yaitu bahasa pemrograman scripting yang dibuat oleh Lars Pensjö seorang mahasiswa Chalmers University Swedia. Bahasa pemograman ini bertujuan untuk membuat prototipe permainan komputer berjenis adventure.

Pada tahun 1994, seorang programmer bernama Fredrik Hübinette memainkan permainan komputer yang dibuat oleh Lars Pensjö. Fredrik sangat tertarik dengan bahasa pemrograman yang dipakai oleh permainan komputer tersebut dan ingin mengembangkan LPC, sehingga muncul LPC4, yaitu LPC hasil pengembangan Frederik Hübinette. Akan tetapi karena ada permasalahan hak cipta antara Lasr dan Frederik, maka Frederik memutuskan untuk menulis ulang seluruh kode LPC kemudian dia menamakan bahasa pemrograman baru tersebut menjadi µLPC. µLPC berlisensikan GPL.

Pada tahun 1996, Fredrik Hübinette berkerja pada perusahaan bernama Roxen Internet Software. Semenjak Fredrik berkerja pada perusahaan tersebut, pengembangan µLPC didanai oleh perusahaan tersebut. Dan sebagian besar produk perusahaan tersebut ditulis dengan menggunakan µLPC. Pada tahap pengembangan ini µLPC berbah nama menjadi Pike.

Pada tahun 2002, pengembangan Pike diserahkan ke Linköping University.

2. Kelebihan Pike

• Cepat, walapun bahasa pemrograman scripting, performansi Pike sangat baik
• Mudah dikembangkan, mudah untuk ditambahkan kemampuannya menggunakan modul yang ditulis dalam bahasa pemrograman C.
• Portable, berjalan pada banyak platform seperti linux, windows dan unix.
• OOP, Pike menggunakan paradigma pemrgraman berorientasi objek.
• Modul Lengkap, Pike memiliki banyak modul untuk berbagai macam protokol, tipe data dan enkripsi. Modul yang dimiliki Pike terus bertambah dari waktu ke waktu

3. Hello World

Program Hello World bila ditulis menggunakan pike adalah sebagai berikut :

int main() {
write(“Hello World !”);
}

4. Pranala luar

• Pike Homepage

Z3. Bahasa Pemograman RPG

RPG adalah bahasa pemrograman High Level yang di-disain untuk keperluan bisnis, biasanya berkolabarasi dengan COBOL, ingat COBOL juga punya aturan ketat dalam penulisan sintaknya, yang menggunakan kolom-kolom dan specification area.

Mengapa RPG atau COBOL menggunakan kolom dalam penulisannya karena pada zaman nenek moyang kita dahulu dimana monitor input adalah barang mahal, maka waktu itu diperkenalkan yang namanya program punch-card, agar memudahkan digunakan kolom-kolom.

RPG merupakan singkatan dari Report Program Genarator, yang pada awalnya dikhususkan untuk membuat report-report (kalau sudah mendalami, akan dirasakan betapa mudahnya membuat report dengan berbagai macam format layaknya crystal report).
Pada perkembangannya RPG menjadi bahasa yang digunakan untuk pengembangan bisnis dan bukan saja report.RPG sebenarnya multi platform, standard internationalnya mengacu pada RPG III. RPG IV atau RPG/ILE merupakan non-standar RPG yang dikembangkan khusus untuk I Series.

Pada RPG/ILE untuk specification C kita bisa coding bebas tanpa terikat dengan kolom (menggunakan /FREE). Masing-masing specification biasanya memiliki sub specification (untuk F, I, C). RPG/ILE mengenal pointer memory karena sifatnya sebagai language embeded.

Untuk coding RPG sendiri diperlukan penempatan code yang benar, salah-salah menempatkan code hasilnya akan error atau tidak terbaca. Gambar diatas adalah contoh source code. Bisa dilihat kalau penempatan codenya harus benar, kalau meleset sedikit saja maka compiler akan menganggap itu error.

Caranya bagaimana? cukup dengan menekan F4, maka akan ditampilkan form sederhana untuk menulis code. Lantas di form tersebut, jika ingin menulis sesuatu tetapi tidak tahu mau diisi apa di field tersebut, maka bisa teken F1 atau help dan akan ditampilkan untuk field di form tersebut.

Cara penulisannya juga berbeda dengan bahasa pemrograman lain, kalau coding di high level language, untuk setiap statement if ataupun while, akan kasih indent agar yang melihat codingnya juga nyaman. Tapi di RPG harus menulisnya semua rata, tidak ada indent sehingga jika ada if ataupun while maka harus beri comment supaya memudahkan mencari awal dan akhir dari if ataupun while tersebut.

Struktur di RPG yaitu ada main source section dan subprocedure section. Di RPG IV ada form spesifikasi yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda dan penulisan spesifikasi tersebut harus berdasarkan urutan sebagai berikut :

- Control specifications (ditandai dengan ‘H’), memberikan info (program name, format date, debuging info) untuk compiler mengenai bagaimana program di-compile dan dijalankan.
– File description specifications (ditandai dengan ‘F’), mendefinisikan semua table yang digunakan di dalam program.
– Definition specifications (ditandai dengan ‘D’), mendifinisikan semua variable yang digunakan di dalam program.
– Input specifications (ditandai dengan ‘I’), mendefinisikan semua input records dan fields yang digunakan di dalam program.
– Calculation specifications (ditandai dengan ‘C’), mendefinisikan proses operasi dan perhitungan seperti membaca mengubah dan menambah record di table, dan melakukan perhitungan .
– Output specification (ditandai dengan ‘O’), mendefinisikan output records dan fields yang digunakan oleh program.

Setelah source code jadi, dicompile dan dijalankan (dengan mengetik line command ‘CALL PGM_NAME’). Untuk mendebug program bisa menggunakan line command ‘STRDBG’ start debug lalu tekan F4, yang nantinya bisa menginput program name yang mau di debug dan ada di library yang mana. Debuger cukup familiar karena sama persis dengan debugger Visual C++ dimana bisa menentukan breakpoint dan watch value.

Buat yang mau coba-coba RPG Programming ini, setidaknya pernah menggunakan sistem operasi OS/400, karena OS400 bener-bener beda dengan Windows maupun Linux.

Z4. Bahasa Pemograman Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman scripting yang berorientasi obyek. Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman scripting yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python.

Ruby

Muncul Tahun: 1995
Didesign oleh: Yukihiro Matsumoto

Pengembang: Yukihiro Matsumoto (among others)
Rilis terbaru:
1.9.0 / December 25, 2007

Disiplin mengetik:
dynamic (“duck”)

Implementasi besar: Ruby, JRuby, Rubinius

Terpengaruh oleh: Smalltalk, Perl, Lisp, Scheme, Python, CLU, Eiffel, Ada, Dylan

Mempengaruhi: Groovy

Sistem operasi:
Cross-platform

Lisensi:
Ruby License
GNU General Public License

Situs web:

http://www.ruby-lang.org/

1. Sejarah

Ruby pertama kali dibuat oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto. Pada tahun 1993 Yukihiro ingin membuat sebuah bahasa pemrograman scripting yang memiliki kemampuan orientasi obyek. Pada saat itu pemrograman berorientasi obyek sedang berkembang tetapi belum ada bahasa pemrograman scripting yang mendukung pemrograman obyek.

Penulisan Ruby dimulai pada Februari 1993 dan pada Desember 1994 dirilis versi alpha dari Ruby. Pada awal perkembangan Ruby, Yukihiro menulis Ruby sendiri sampai pada tahun 1996 sudah terbentuk komunitas Ruby yang banyak mengkontribusikan perkembangan Ruby.

Saat ini Ruby telah berkembang tidak hanya di Jepang, tetapi diseluruh dunia. Bulan Agustus tahun 2006, Macintosh telah melakukan kerja sama dengan mengintegrasikan Ruby on Rails pada Mac OS X v10.5 Leopard yang akan diluncurkan bulan Oktober 2007.

2. Kelebihan Ruby

• Sintaks sederhana.
• Memiliki exception handling yang baik.
• Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek.
• Mengusung konsep single inheritance.
• Open source, siapa saja dapat menggunakannya dengan cuma-cuma dan dapat ikut berpartisipasi mengembangkannya.
• Memiliki garbage collector yang secara otomatis akan menghapus informasi tak terpakai dari memori.

3. Sistem operasi yang didukung

• Linux
• Microsoft Windows 95/98/XP/NT/2000/2003/Vista
• MacOS X v10.5 Leopard
• BeOS
• OS/2
• Unix
• Amiga
• MorphOS
• Acorn RISC OS
• Syllable
• Symbian OS

4. Pranala luar

• Situs Resmi (Bahasa Inggris)
• Situs Resmi Ruby Indonesia
• Planet Ruby Indonesia
• Komunitas Pengguna Ruby Indonesia yang didalamnya membahas segala hal tentang Ruby termasuk varian-variannya seperti JRuby, Rubinius, termasuk web framework Ruby on Rails
• Tiga Puluh Tujuh Alasan Mengapa Saya Cinta Ruby
• Full Ruby on Rails Tutorial

Z5. Bahasa Pemograman Smalltalk

Smalltalk adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Xerox PARC. Ide dasar Smalltalk meliputi :

1. Semua adalah objek.
2. Objek bisa saling berkomunikasi melalui messages atau berita.
3. Semua tersedia untuk dimodifikasi.

Z6. Bahasa Pemograman SQL/PL?I

SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.

1. Sejarah

Sejarah SQL dimulai dari artikel seorang peneliti dari IBM bernama EF Codd yang membahas tentang ide pembuatan basis data relasional pada bulan Juni 1970. Artikel ini juga membahas kemungkinan pembuatan bahasa standar untuk mengakses data dalam basis data tersebut. Bahasa tersebut kemudian diberi nama SEQUEL (Structured English Query Language).

Setelah terbitnya artikel tersebut, IBM mengadakan proyek pembuatan basis data relasional berbasis bahasa SEQUEL. Akan tetapi, karena permasalahan hukum mengenai penamaan SEQUEL, IBM pun mengubahnya menjadi SQL. Implementasi basis data relasional dikenal dengan System/R.

Di akhir tahun 1970-an, muncul perusahaan bernama Oracle yang membuat server basis data populer yang bernama sama dengan nama perusahaannya. Dengan naiknya kepopuleran Oracle, maka SQL juga ikut populer sehingga saat ini menjadi standar de facto bahasa dalam manajemen basis data.

2. Standarisasi

Standarisasi SQL dimulai pada tahun 1986, ditandai dengan dikeluarkannya standar SQL oleh ANSI. Standar ini sering disebut dengan SQL86.Standar tersebut kemudian diperbaiki pada tahun 1989 kemudian diperbaiki lagi pada tahun 1992. Versi terakhir dikenal dengan SQL92. Pada tahun 1999 dikeluarkan standar baru yaitu SQL99 atau disebut juga SQL99, akan tetapi kebanyakan implementasi mereferensi pada SQL92.

Saat ini sebenarnya tidak ada server basis data yang 100% mendukung SQL92. Hal ini disebabkan masing-masing server memiliki dialek masing-masing.

3. Pemakaian dasar

Secara umum, SQL terdiri dari dua bahasa, yaitu Data Definition Language (DDL) dan Data Manipulation Language (DML). Implementasi DDL dan DML berbeda untuk tiap sistem manajemen basis data (SMBD), namun secara umum implementasi tiap bahasa ini memiliki bentuk standar yang ditetapkan ANSI. Artikel ini akan menggunakan bentuk paling umum yang dapat digunakan pada kebanyakan SMBD.

Z7. Bahasa Pemograman HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML.

Pendahuluan

HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka email ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser.

HTML dokumen tersebut mirip dengan dokumen teks biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah teks bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. Sebagai contoh jika ingin membuat teks ditampilkan menjadi tebal seperti: TAMPIL TEBAL, maka penulisannya dilakukan dengan cara: TAMPIL TEBAL. Tanda digunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak tebal, diikuti oleh teks yang ingin ditebalkan, dan diakhiri dengan tanda untuk menonaktifkan cetak tebal tersebut.

Markup/Tanda

Secara garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML :

• structural. tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah teks (contoh,

Golf

akan memerintahkan browser untuk menampilkan “Golf” sebagai teks tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1
• presentational. tanda yang menentukan tampilan dari sebuah teks tidak peduli dengan level dari teks tersebut (contoh, boldface akan menampilkan bold. Tanda presentational saat ini sudah mulai digantikan oleh CSS dan tidak direkomendasikan untuk mengatur tampilan teks,
• hypertext. tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain (contoh, Wikipedia akan menampilkan Wikipedia sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu),
• Elemen widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol (

Selain markup presentational , markup yang lin tidak menentukan bagaimana tampilan dari sebuah teks. Namun untuk saat ini, penggunaan tag HTML untuk menentukan tampilan telah dianjurkan untuk mulai ditinggalkan dan sebagai gantinya digunakan Cascading Style Sheets.

HTML Membuat kursor animasi (animation cursor)

Mungkin anda pernah mengunjungi salah satu blog atau website yang kursornya terlihat berbeda dengan kursor yang ada pada umumnya. Kursor yang terlihat seperti gambar atau animasi adalah hasil dari edit html di ccs body. Jika dilihat sangatlah simpel untuk menggantikan kursor tersebut, hanya dengan menambahkan sebaris ccs. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus menyipakan gambar dengan ukuran dan dimensi yang sesuai dengan ukuran kursor yang anda inginkan, lalu gambar tersebut anda upload ke server image, seperti contohnya http://www.photobucket.com atau situs lainya yang mempunyai fasilitas menyimpanan gambar. Anda bisa juga menggunakan berbagai koleksi kursor di situs-situs penyedianya contohnya http://www.myfile.us dan banyak situs lainya

Sejarah dari standar HTML

• HTML 2.0 — (RFC 1866) disetujui sebagai standar 22 September 1995,
• HTML 3.2 — 14 Januari 1996,
• HTML 4.0 — 18 Desember 1997,
• HTML 4.01 (minor fixes) — 24 Desember 1999,
• ISO/IEC 15445:2000 (“ISO HTML”, berdasar pada HTML 4.01 Strict) — 15 Mei 2000.

Pranala luar

• ASCII – ISO 8859-1 Table with HTML Entity Names
• W3C’s HTML Validator
• HTML/XHTML Validator Project on SourceForge
• HTML+ Discussion Document (obsolete)
• NCSA’s Beginner’s Guide to HTML
• The “Head” Part of an HTML Document
• How to use the title property of HTML, by JnanaBase

Z8. Bahasa Pemograman CSS

Dalam mendesain web/blog, CSS (Cascading Style Sheet) memakan porsi yang cukup besar mungkin sekitar 50-60%. Maka kelihaian Anda dalam mengolah skrip CSS sangat penting. Tugasnya sangat penting yaitu mengatur layout halaman, format teks, dan pewarnaan dan lain-lain. Secara umum cara penulisan fungsi style dalam CSS adalah sebagai berikut :

PLAIN TEXT
CODE:
1.
2. .nama_style {
3. properti: nilai;
4. }
5.

Setiap nama syle harus ditambahkan tanda . (titik) didepannya. Misalnya membuat style untuk teks dengan nama “huruf_arial” font Arial dan ukuran 18px, skripnya adalah sebagai berikut :

PLAIN TEXT
CODE:
1.
2. .huruf_arial {
3. font: arial;
4. font-size: 18px;
5. }
6.
Untuk menggunakan style yang telah kita buat dalam CSS kehalaman HTML, skrip perintahnya adalah sebagai berikut:

PLAIN TEXT
CODE:
1. Contoh teks

Anda juga bisa meletakkan skrip CSS dan HTML dalam 1 halaman, namun bagi kebanyakan orang hal itu dapat cukup merepotkan karena baris skrip bisa menjadi sangat panjang. Maka untuk memisahkannya copy aja skrip CSS tersebut mulai dari tag hingga lalu meyimpannya dalam satu file dengan format namafile.css.

Untuk memanggil skrip CSS tersebut cukup dengan perintah :

PLAIN TEXT
CODE:
1.

Letakkan skrip diatas, 1 folder bersama dengan file html yang ingin menggunakan style tersebut.

Ekstensi file: *.css

Informasi lengkap tentang CSS: W3’s CSS Blog

CSS atau cascading style sheet adalah bahasa scripting untuk memformat tampilan website secara keseluruhan. Tampilan disini berarti mengarah pada warna background, image, jenis dan ukuran huruf, posisi huruf atau elemen dan lain sebaganya, kalau dulu kita menggunankan atribut font pada tag p (

) maka sekarang lebih baik menggunakan CSS.

Z9. Bahasa Mesin (biasa dikenal dengan Mnemonic Code)

Bahasa mesin merupakan bahasa yang terdiri dari kode-kode mesin dan hanya dapat diinterpretasikan langsung oleh mesin komputer. Bahasa ini merupakan level terendah dari bahasa pemrograman komputer dan hanya berupa 0 dan 1. Sekumpulan instruksi dalam bahasa ini dapat membentuk microcode. Meskipun demikian, bahasa ini memiliki kecepatan yang paling tinggi diantara bahasa pemrograman level yang lain. Akan tetapi, agak sulit mempelajari bahasa tingkat ini, karena sangat tidak user friendly.

Selain itu, bahasa mesin atau kode mesin adalah satu-satunya bahasa komputer yang dapat langsung dipahami oleh CPU. Bahasa mesin ditulis dalam serangkaian bit-bit (bilangan-bilangan biner, yaitu bilangan yang hanya mempunyai angka 1 dan 0). Beberapa pola-pola bit disimpan dalam mikroprosesor sebagai kode operasi (opcode), yang berarti memerintahkan CPU melakukan operasi tertentu (misalnya operasi aritmetika atau pengaksesan memori), sementara pola-pola bit lain dapat menunjukkan suatu lokasi memori (memory address) tertentu, dan pola-pola bit lain dapat berarti sebuah bilangan. Bahasa lain diterjemahkan melalui interpreter atau kompiler ke dalam bahasa ini sebelum dieksekusi oleh CPU.

Z10. Bahasa Pemograman AJAX

Asynchronous JavaScript and XMLHTTP, atau disingkat AJaX, adalah suatu teknik pemrograman berbasis web untuk menciptakan aplikasi web interaktif. Tujuannya adalah untuk memindahkan sebagian besar interaksi pada komputer web surfer, melakukan pertukaran data dengan server di belakang layar, sehingga halaman web tidak harus dibaca ulang secara keseluruhan setiap kali seorang pengguna melakukan perubahan. Hal ini akan meningkatkan interaktivitas, kecepatan, dan usability. Ajax merupakan kombinasi dari:

DOM yang diakses dengan client side scripting language, seperti VBScript dan implementasi ECMAScript seperti JavaScript dan JScript, untuk menampilkan secara dinamis dan berinteraksi dengan informasi yang ditampilkan

Objek XMLHTTP dari Microsoft atau XMLHttpRequest yang lebih umum di implementasikan pada beberapa browser. Objek ini berguna sebagai kendaraan pertukaran data asinkronus dengan web server. Pada beberapa framework AJAX, element HTML IFrame lebih dipilih daripada XMLHTTP atau XMLHttpRequest untuk melakukan pertukaran data dengan web server.

XML umumnya digunakan sebagai dokumen transfer, walaupun format lain juga memungkinkan, seperti HTML, plain text. XML dianjurkan dalam pemakaian teknik AJaX karena kemudahan akses penanganannya dengan memakai DOM

JSON dapat menjadi pilihan alternatif sebagai dokumen transfer, mengingat JSON adalah JavaScript itu sendiri sehingga penanganannya lebih mudah

Seperti halnya DHTML, LAMP, atau SPA, Ajax bukanlah teknologi spesifik, melainkan merupakan gabungan dari teknologi yang dipakai bersamaan. Bahkan, teknologi turunan/komposit yang berdasarkan Ajax, seperti AFLAX sudah mulai bermunculan.

AJAX adalah gabungan dari teknologi yang sudah ada, jadi ajax bukanlah teknologi baru, hanya sebuah teknik akal bulus, tapi banyak orang yang salah menyebut AJAX dengan sebutan teknologi, bahkan buku yang saya beli juga mengatakan demikian.

Sumber :
id.wikipedia.org

About these ads

5 Responses

  1. Thank you for sharing…..

  2. wah bagus nich panduanya, lumayan buat tambah-tambah bikin tugas, oh ya mas kalo ada info terbaru tolong dikirim ke email sy ya mas. terimakasih

  3. keyeeeN BgT….
    sAnGaT MeMbaNtu Bgt…. MaKasiH YaaA…
    lo Da YanG Baru KriMin K EmaiL Saya YwA!!!!

    MAKASEEEh…..

  4. wah bagus nih artikel, nambah ilmu gw.thanks a lot

  5. well.. it’s like I knew!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: